Malam Lailatul Qadar

ليلة القدر lailatul qadar adalah waktu yang baik bisa di katakan sebagai momentum yang suci. lailatul qadar atau malam lailatul qadar yang suci melebihi kebaikan seribu bulan. Jadi momentum ini sangat diincar oleh seluruh orang muslim untuk mendapatkan pahala atau kebaikan yang melebihi seribu bulan dengan satu malam saja yaitu Malam Lailatul Qodar. Lailatur Qodar akan tiba dari 10 terakhir Hari Ramadhan dengan asumsi bilangan ganjil.

Siapa yang tak ingin Momentum seperti ini? Ibadah hanya satu malam saja dapat mengalahkan ibadah bertahun-tahun. Itulah betapa bulan Romadhan begitu berkah dalam menciptakan kebaikan dan berlipat-lipat dalam mendapatkan pahala. Pahala adalah sebuah tanda kebaikan yang akan di tabung dan akan di buka setelah ada perhitungan setelah kita mati.

Tanda-tanda malam lailatul qadar menurut Hadist

Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda tentang tanda lailatul qadar,

ليلة طلقة لا حارة و لا باردة تصبح الشمس يومها حمراء ضعيفة

“Dia adalah malam yang indah, sejuk, tidak panas, tidak dingin, di pagi harinya matahari terbit dengan cahaya merah yang tidak terang.” (H.r. Ibnu Khuzaimah; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Menurut Hadist di atas ini menunjukan bahwa bisa dikatakan malam yang indah dan istimewa untuk momentum malam lailatul qadar .

Adapun tanda-tanda malam Lailatul Qodar dari 10 Hari terakhir di Bulan Ramadhan ini sebagai berikut menurut Hadiast:

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW menyebutkan mengenai Lailatul Qadar, yaitu : “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon” (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Ustaz Abdul Somad kepada detikcom mengatakan, malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. “Ada hadits yang mengatakan 10 malam terakhir, jadilah malam Lailatul Qadar pada malam terakhir Ramadhan, 21, 23, 25, 27. Lalu diperkecil lagi pada malam ke-10,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Jangan sampai berkeinginan untuk memilih malam-malam yang akan datangnya malam Lailatul Qodar yang sudah dijelaskan di atas. Karena Allah SWT  tidak akan memberikan Taupik. Dan mereka itu tergolong orang-orang pemalas.

“Siapa saja yang shalat malam sepanjang tahun, dia akan mendapatkannya.” (H.r. Ahmad dan Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani)

Dalam hal ini orang-orang tidak tahu pada tanggal berapa tepatnya munculnya malam Lailatul Qodar ini, manusia hanya berkira-kira saja atau menduga-duga pada momentum bilangan ganjil 21, 23, 25, dan seterusnya.

Cara mendapatkan malam lailatul qadar

  • 1. Membaca Al qur an di masjid
  • 2. Itikap di masjid
  • 3. Berdizir di masjid
  • 4. Makmurkan masjid
  • 5. Aktivitas positif di masjid

Untuk mendapatkan malam lailatul qadar yaitu beraktifitas di masjid dengan beraktifitas di masjid, selama 10 terakhir di bulan Ramadhan. Di awali tanggal 21 hingga 6:0 dan seterusnya.

Bacaan malam lailatul qadar

  • 1. Doa memohon ampunan di malam lailatul Qodhar
  • 2. Doa terbebas dari masalah
  • 3. Do meminta terbebas dari siksa api neraka
  • Keistimewaan malam lailatul qadar

Dalam bulan romadhan ada satu malam yang mulya yaitu malam Lailatul Qodhar. Malam ini berbeda dari malam lainnya. Mendapatkan malam lailatul Qodhar akan mendapatkan amal yang sangat banyak dan mampuh menjadikan bekal istimewa.

Karena ini sudah terbukti dalam Al quran dan tercantum sebagai berikut

Surat Al-Qadhr Ayat 1 sampai ayat 5.

Referensy:

  1. https://luthfiviqie.wordpress.com/pengertian-malam-lailatul-qodar/
  2. https://news.detik.com/berita/d-5011921/kapan-datangnya-malam-lailatul-qadar
  3. https://bekasi.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-12369522/keistimewaan-lailatul-qadar-saat-ramadhan

About the author: Rahmat

Hallo semuanya saya menyukai musik, terutama bernyanyi. saya seorang internet marketer seumur bayi merah. Writer, Youtuber, internet marketing dan Publisher.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *